Senin, 28 Maret 2016

Kyai Langgeng, Destinasi Wisata Favorit Warga Magelang


Kali ini admin akan post mengenai Kyai Langgeng. Kyai Langgeng adalah taman bermain yang ada di Kota Magelang. Karena Admin warga Magelang, maka Admin juga harus mempromosikan destinasi wisata daerah Admin. Semua orang pasti menganggap Magelang identik dengan Candi Borobudur. Padahal masih banyak sekali tempat- tempat wisata di Kota Magelang yang cocok untuk rekreasi keluarga. Salah satunya adala Taman Kyai Langgeng . Siapa sih, warga Magelang yang tidak kenal taman ini? Pasti semua tahu dan sudah pernah mengunjunginya.
Nama Kyai Langgeng pada taman ini diambil dari nama seorang pejuang yang berperan saat perlawanan Pangeran Diponegoro melawan Penjajah Belanda. Kita tahu bahwa Perang Diponegoro berlangsung pada tahun 1825 - 1830. Pada saat Kyai Langgeng wafat, beliau dimakamkan di kawasan Taman Kyai Langgeng ini dan sampai saat ini makam tersebut masih ada dan terawat dengan baik. 

Taman Kyai Langgeng awalnya hanyalah berupa persawahan dan pemakaman yang kurang produktif. Kemudian Drs. H A. Bagus Panuntun berinisiatif membangun tempat wisata di tempat ini. Pada tanggal 15 September 1987 Taman Kyai Langgeng dapat diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah waktu itu yaitu H. Muhammad Ismail.  





Taman Kyai Langgeng merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga terutama saat akhir pekan atau istilahnya weekend. Taman ini terletak di Jalan Cempaka No.6 Kota Magelang. Taman kyai langgeng ini mempunyai luas kurang lebih 27,5 hektare. Tempat wisata Taman Kyai Langgeng ini letaknya sangat strategis karena berada di dekat pusat Kota Magelang. Selain itu, dapat ditempuh selama sekitar 15 menit dari Candi Borobudur dan kira- kira 1 jam jika ditempuh dari Yogyakarta.
Taman ini memiliki banyak sekali wahana permainan anak- anak. Seperti kolam renang untuk anak dan dewasa, rumah joglo, rumah apung, arena bermain, sungai arung jeram, jet coaster, kereta mini, komidi putar, flying fox, bianglala, becak mini, patung dinosaurus, taman lalu lintas, dan masih banyak lagi. Selain wahana bermain, Taman Kyai Langgeng dapat dijadikan sebagai wisata pendidikan karena di dalam lokasi Taman Kyai Langgeng ini terdapat berbagai koleksi tanaman langka seperti Cempaka Ganda (Mycelia campaca), Dewa Daru (Eugenia Sp), Apel Beludru (Diospiros Rabbola), Nagasari (Mesua Ferrea), Matoa (Pometia Pinata Ireigfost), Ruser (Arthocarpus Sp), Lobi-Lobi (Flacouritia Inermis Roxb) dll. Sehingga saat Anda berada di taman ini, pasti Anda akan merasa betah dan enggan untuk kembali ke rumah karena udaranya sangat sejuk.
Tiket masuk Taman Kyai Langgeng sangat terjangkau. Hari Senin sampai Jumat 15.000 per orang. sedangkan hari Sabtu, Minggu, dan harilibur nasional 20.000 per orang. Murah bukan! Jadi, untuk apa bingung mencari tempat wisata? Datang saja ke Taman Kyai Langgeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar